Cermat Biaya Hidup Kost Part 1

Menetap di asrama bisa jadi merupakan pilihan tepat bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota Bandung atau Sumedang. Apalagi bagi mereka yang ingin menghemat pengeluaran. Namun, kapasitas asrama Unpad yang hanya cukup menampung 900 mahasiswa, membuat sebagian mahasiswa baru harus mencari tempat lain yang dapat digunakan untuk menetap selama menempuh pendidikan.
Tempat kos bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa Unpad. Kampus Unpad yang tersebar di kawasan Jatinangor, Jln. Dipati Ukur, Jln. Ir. Djuanda, Jln. Dago Pojok, dan Jln. Dago Atas dimanfaatkan penduduk sekitar untuk menyewakan tempat tinggal bagi mahasiswa. Ada yang menawarkan kamar kos bahkan rumah kontrakan yang dapat disewa oleh beberapa orang.
Harga yang ditawarkan untuk satu kamar kos atau rumah kontrakan bervariasi. Hal ini tergantung pada fasilitas yang ditawarkan dan lokasi tempat kos itu sendiri dengan kawasan strategis lainnya, seperti kampus atau pusat keramaian. Di wilayah Jatinangor misalnya, kamar kos standar biasanya ditawarkan mulai harga Rp. 2.000.000 hingga Rp. 4.000.000 per tahun. Kamar kos ini biasanya menjadi incaran sejumlah besar mahasiswa, mengingat harganya yang murah. Jangan lupa baca juga ya guys pengalaman jadi anak kost part 3
Kamar kos dengan biaya sewa Rp. 2.000.000 umumnya dalam keadaan kosong. Artinya, pemilik tempat kos hanya menyewakan kamar tanpa fasilitas apapun, sehingga mahasiswa perlu membeli lagi perlengkapan kos, seperti tempat tidur dan lemari pakaian. Sementara, kamar kos yang dipatok dengan harga sewa mulai Rp. 2.500.000 umumnya sudah dilengkapi dengan tempat tidur, lemari pakaian, dan meja belajar kecil. Kamar kos dengan kisaran harga tersebut biasanya tidak menyediakan kamar mandi di dalam kamar kos. Kamar mandi yang disediakan digunakan bersama-sama dengan penyewa kamar kos lain.
Nah, bagi mereka yang lebih nyaman menggunakan kamar mandi yang bersatu dengan kamar kos, harga sewa yang ditawarkan umumnya berkisar antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 4.000.000. Pilihan ini menjadi tepat, khususnya bagi mereka yang menyewa tempat kos yang tidak membedakan gender.
Beda wilayah, berbeda pula kisaran harga kamar kos yang ditawarkan. Bila di wilayah Jatinangor, kamar kos standar dapat diperoleh dengan Rp. 2.000.000, maka di kawasan Kota Bandung, kisaran harga sewa kamar kos antara Rp. 3.000.000 hingga Rp. 5.000.000 per tahun. Kamar kos yang disewakan umumnya tidak dilengkapi dengan tempat tidur dan lemari pakaian, sehingga penyewa kamar kos perlu menyiapkan sendiri kebutuhannya.
Nantikan kelanjutannya guys, jangan lupa baca juga cerita kost angker part 1.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelakuan Nakal Anak Kost Cewek Part 1

Lika-Liku Anak Kost Part 1

Kelakuan Nakal Anak Kost Cewek Part 2